Assalamu'alaikum

Selamat Datang di website RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Website ini memberikan berbagai informasi mengenai RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Informasi tersebut meliputi profil, pelayanan dan fasilitas, jadwal dokter, & juga berita kegiatan dari Rumah Sakit.

Kami terletak hanya sekitar tiga menit dari Malioboro ini berkomitmen untuk menjadi rumah sakit Islam terpercaya di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

iso
kan

Certificate ID08/1167

Layanan Unggulan - Bedah Minimal

Layanan Unggulan - Bedah Minimal

Laparoskopi atau bedah minimal invasive adalah suatu teknik bedah dengan menggunakan irisan (incisi) kecil pada daerah perut, dimana kamera dan instrumen dimasukkan melalui irisan tersebut (laparoscope) untuk melihat dan melakukan prosedur bedah pada organ-organ yang terdapat pada perut (abdomen) dan panggul (pelvis).

Tujuan

Laparoscopi biasa digunakan untuk melakukan prosedur diagnostik maupun sebagai prosedur operasi.

Prosedur diagnostik

Sebagai prosedur diagnostik, laparoscopi dapat digunakan untuk melakukan biopsi tumor-tumor yang terdapat pada perut maupun rongga panggul (pelvis). Dengan menggunakan laparoscopi, dapat juga dilakukan pemeriksaan terhadap area perut termasuk didalamnya organ-organ kewanitaan, appendix (usus buntu), kantung empedu, lambung, dan liver.

Laparoscopi juga dapat digunakan untuk menemukan penyebab nyeri pada panggul, atau gejala-gejala ginekologis yang tidak dapat ditentukan penyebabnya baik melalui pemeriksaan fisik maupun dengan usg. Sebagai contoh, kista ovarium, endometriosis, kehamilan ektopik, juga untuk menentukan penyebab infertilitas.

Prosedur operasi

Kondisi-kondisi yang dapat dilakukan tindakan dengan mengunakan laparoskopi adalah sebagai berikut:

  • Ligasi tuba, dilakukan pengikatan pada tuba falopi untuk mencegah kehamilan.
  • Kehamilan ektopik, yang terdapat diluar uterus dapat diangkat/dioperasi secara laparoskopi.
  • Endometriosis, adalah keadaan dimana terdapatnya jaringan yang berasal dari uterus yang tumbuh atau berkembang pada rongga panggul.
  • Histerektomi, prosedur untuk mengangkat uterus dapat dialkukan dengan menggunakan laparoskopi untuk memotong bagian-bagian uterus untuk kemudian diangkat melalui vagina.
  • Tumor ovarium
  • Appendektomi, untuk mengangkat usus buntu yang telah mengalami peradangan.
  • Kolesistektomi, untuk mengangkat kantung empedu

Bedah laparoskopi memiliki banyak keuntungan, tetapi juga memiliki beberapa keterbatasan.  Beberapa keuntungan dari metode ini adalah

  1. Luka operasi yang kecil berkisar antara 2-10 mm sehingga rasa sakit setelah pembedahan jauh berkurang.
  2. Secara kosmetik bekas luka operasi sangat berbeda bermakna dibandingkan dengan parut luka operasi pasca bedah konvensional. Luka bedah laparoskopi berukuran 2 mm atau kurang sampai dengan ukuran 10 mm akan hilang atau tersembunyi di daerah pusar, yang sulit dilakukan dengan bedah konvensional.
  3. Karena nyeri setelah pembedahan minimal dan tidak banyak manipulasi pada organ usus maka masa pulih setelah pembedahan jauh lebih cepat dan masa rawat di rumah sakit menjadi lebih pendek.
  4. Dengan alat yang kecil, segala manufer dan eksplorasi jadi semakin luas dalam rongga daerah dilakukannya operasi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, teknik bedah laparoskopi juga memiliki keterbatasan, yaitu masih mahalnya alat-alat, seperti trokar yang sekali pakai. Namun biaya keseluruhan operasi menyerupai bedah konvensional karena masa perawatan yang lebih singkat.

Banyaknya keuntungan yang diperoleh pasien dengan teknik bedah laparoskopi menyebabkan teknik ini lebih diminati dan bersahabat kepada pasien.

Untuk informasi lebih lanjut anda dapat berkonsultasi dengan :

dr. Nurul Jaqin, Sp. B

dr. Adi sihono, Sp. B

dr. Sagiran, Sp. B

 

Referensi

http://medical-dictionary.thefreedictionary.com/laparoscopies

http://en.wikipedia.org/wiki/Laparoscopic_surgery

(AK/igd)

Klinik PKU Jogja

kliniktht

klinikkandungan

klinikstroke

klinikmata

klinikmata

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini298
mod_vvisit_counterKemarin527
mod_vvisit_counterMinggu ini1999
mod_vvisit_counterBulan ini12933
mod_vvisit_counterTotal513589

Site Login