RS PKU JOGJA<br>UNIT 2

RS PKU JOGJA
UNIT 2

SIAP MELAYANI ANDA

SIAP MELAYANI ANDA
SIAP MELAYANI ANDA

SIAP MELAYANI ANDA

BERSAMA<br>MANAJEMAN HANDAL

BERSAMA
MANAJEMAN HANDAL

JAJARAN DIREKSI

JAJARAN DIREKSI

Wujudkan RS PKU Jogja yang nyaman & dekat di hati ummat

RS PKU JOGJA<br>UNIT 1

RS PKU JOGJA
UNIT 1

LOKASI STRATEGIS TENGAH KOTA

Mengutamakan Kenyamanan Konsumen

Ketua Umum<br>PP Muhammadiyah

Ketua Umum
PP Muhammadiyah

RS PKU JOGJA, DICINTAI UMMAT

RS PKU JOGJA, DICINTAI UMMAT

Tampil bersama seluruh jajaran dalam melayani ummat

FASILITAS<br>MODERN

FASILITAS
MODERN

Semoga Lekas Sembuh

JAMINAN DETAIL ANALISA

Info Al-Islam

INFO AL-ISLAM LAINNYA-
  • Fatwa Tarjih Tentang Berkurban Dengan Uang Utang

    Fatwa Tarjih Tentang Berkurban Dengan Uang Utang FATWA TENTANG BERKURBAN DENGAN UANG UTANG Pertanyaan Dari: Abdul Hakim, Madiun, Jawa Timur...
  • Ghibah atau Nasihat?

    Ghibah atau Nasihat? Ghibah atau umumnya disebut menggunjing atau ngrasani (dalam bahasa jawa) di masyarakat sudah hampir menjadi kebiasaan di...
  • KESOMBONGAN, DOSA YANG SULIT DIHINDARI

    KESOMBONGAN, DOSA YANG SULIT DIHINDARI Sesungguhnya mudah bagi seseorang meninggalkan dosa-dosa besar, namun ada beberapa dosa yang bersifat halus...

Info RS PKU

INFO RS PKU LAINNYA -

Info Sehat

INFO KESEHATAN LAINNYA -
  • Leptospirosis pada Manusia

    Leptospirosis pada Manusia Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menjangkiti banyak jenis hewan, termasuk burung, reptil,...
  • DEMAM TIFOID (Demam Typus)

    DEMAM TIFOID (Demam Typus) Demam tifoid (Demam Typus) adalah jenis penyakit yang berkaitan dengan demam karena adanya infeksi bakteri yang menyebar...
  • Muscle Sprain dan Strain…Apa Bedanya?

    Muscle Sprain dan Strain…Apa Bedanya? J ika ditanya mengenai bahasa medisnya patah tulang, tentu semua sudah mengetahuinya yaitu fraktur . Lalu...

DUKUNGAN FASILITAS

Dukungan Fasilitas Lengkap RS PKU Jogja

Kehadiran Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, selain handal dalam peralatan serta Sumber Daya Insani, maka dukungan berbagai fasilitas yang ada juga akan menunjang kenyamanan dan mempercepat kesembukan pasien. Semoga segala fasilitas yang kami sediakan dapat mempercepat pulihnya kesehatan Anda.

AMBULANAMBULAN

Ambulan kami sediakan untuk kecepatan penjemputan dan pengantaran pasien khusus

RADIOLOGIRADIOLOGI

Layanan untuk lebih memberikan analisa kondisi pasien khusus

FARMASI 24 JAMFARMASI 24 JAM

Farmasi Center kami buka 24 jam. Sehingga secara cepat untuk memberikan kesembuhan serta kenyamanan pasien

BPJS KESEHATANBPJS KESEHATAN

Kami menyediakan layanan rawat inap dengan berbagai kelas sesuai kemampuan pasien

LAYANAN KHUSUL KHOTIMAHLAYANAN KHUSUL KHOTIMAH

Merupakan layanan, yang secara khusus diberikan bagi siapa saja yang

EVAKUASI MEDISEVAKUASI MEDIS

Bagi para keluarga yang menunggu pasien, kamu juga menyediakan area parkir yang representatif

Bila Rongga di Wajah Meradang

sinusSinusitis merupakan istilah kedokteran untuk peradangan pada selaput rongga sinus. Gejalanya yang menyerupai flu atau sakit kepala seringkali membuat sang penderita kurang menyadari penyakitnya. Sinusitis hamper selalu memerlukan pengobatan khusus. Pada keadaan yang lanjut, tidak jarang operasi menjadi pilihan terapi.

Rongga di balik wajah
Yang dimaksud dengan sinus tidak lain adalah rongga di dalam tulang-tulang wajah di sekitar hidung. Tercatat empat jenis sinus pada manusia, yaitu sinus maksilaris (di dalam tulang pipi), frontalis (di dahi), etmoid (di belakang batang hidung), dan sfenoid (di belakang sinus etmoid). Masing-masing terdapat di kanan dan kiri.
Sinus terbentuk akibat pertumbuhan tulang pada muka. Walau fungsi pastinya masih dalam perdebatan, beberapa teori kedokteran menduga sinus berperan dalam mengatur kondisi udara yang masuk ke saluran napas. Selain itu, sinus juga diduga membantu menjaga keseimbangan kepala, meredam perubahan tekanan udara di sekitar, membantu resonansi suara, serta sebagai penahan suhu.
Sinus yang sehat berisi udara, selain adanya lendir yang dihasilkan selaput dindingnya. Ledir ini terus-menerus diproduksi dan dikeluarkan ke dalam hidung melalui saluran yang tersedia. Sel-sel bersikat disepanjang dinding dan salurannya aktif bergerak untuk membantu pengaliran lendir. Siklus ini harus tetap berjalan agar keseimbangan di dalam rongga sinus tetap terjaga.
Bila aliran ke dalam hidung terhambat, maka lendir dapat menumpuk dan terperangkap bersama udara di dalam sinus. Sayangnya, tumpukan lendir ini makanan favorit berbagai bakteri penyebab penyakit. Alhasil, radang dalam rongga sinus bisa terjadi. Berbagai hambatan mekanik seperti benda asing dan polip hidung, infeksi saluran napas kronik, alergi, serta lingkungan udara yang kering dan berdebu dapat mencetus keadaan ini.
Sinusitis pun bisa terjadi melalui mekanisme lain. Infeksi dari gigi, misalnya, merupakan salah satu penyebab tersering terjadinya sinusitis. Keadaan ini biasanya terjadi pada sinusitis maksilaris yang letaknya tepat di atas gigi geligi bagian atas.

Akut, Subakut, dan Kronik
Berdasarkan lama gejalanya, sinusitis dibagi menjadi sinusitis akut, subakut, dan kronik. Bila gejalanya berlangsung dari hari hingga 4 minggu, digolongkan sebagai sinusitis akut. Gejala yang berlangsung dari 4 minggu hingga 3 bulan, digolongkan sebagai sinusitis subakut. Disebut sinusitis kronik bila gejala berlangsung lebih dari 3 bulan.
Secara umum, gejala sinusitis adalah hidung tersumbat disertai ingus kental yang seringkali berbau. Bila mengalir ke tenggorokan, penderita dapat merasakan adanya lendir di belakang hidung. Suhu tubuh dapat meningkat dan penderita seringkali mengeluh sakit kepala, lemas, dan lesu.
Gejala sinusitis lainnya yang khas adalah nyeri hebat yang bertambah bila kepala digerakkan. Biasanya letak nyeri berhubungan dengan lokasi sinus yang terlibat. Pada sinusitis maksilaris, misalnya, nyeri dirasakan di bawah kelopak mata, depan telinga, maupun gigi. Sinusistis frontalis dapat menimbulkan nyeri di dahi dan seluruh kepala. Sinusitis etmoidalis menimbulkan nyeri di pangkal hidung, belakang mata, dan pelipis. Sementara sinusitis sfenoidalis menyebabkan nyeri di belakang mata dan di dekat telinga.

Harus antibiotik
Dokter biasanya akan menyarankan pemeriksaan rontgen untuk melihat gambaran keadaan sinus. Selain itu, pemeriksaan sinoskopi dapat dialkukan untuk melihat secara langsung keadaan muara sinus dengan bantuan kamera optik.
Karena peradangan terjadi akibat infeksi bakteri, maka antibiotik menjadi obat utama dalam pengobatan sinusitis. Terapi antibiotik untuk sinusitis cukup lama, yaitu 10 hingga 14 hari. Obat tambahan lain yang digunakan adalah untuk menghilangkan nyeri dan mengurangi sumbatan hidung.
Pada keadaan yang lebih berat, tidak jarang diperlukan terapi khusus. Diatermi atau pemanasan dengan gelombang pendek sebanyak 5-6 kali pada daerah yang sakit kadang diperlukan pada sinusitis subakut dan kronik untuk memperbaiki vaskularisasi sinus. Bila belum membaik, biasanya dianjurkan prosedur pencucian sinus yang dapat dilakukan secara mekanik. Operasi perlu dipertimbangkan bila seluruh pengobatan yang dilakukan masih belum berhasil. Terdapat beberapa prosedur operasi yang dapat dilakukan, seluruhnya bertujuan untuk mengembalikan sinus yang normal. Keadaan anatomi tertentu, seperti sekat hidung yang terlalu miring bisa menjadi penyebab sinusitis dan sebaiknya dikoreksi melalui tindakan operasi.

Komplikasi
Tanpa pengobatan yang tepat, sinusitis bisa menimbulkan komplikasi serius. Walaupun jarang terjadi, komplikasi yang serius bisa menjadi fatal dan berujung kematian. Karena lokasinya yang tidak jauh dengan sistem saraf pusat, maka komplikasi yang paling ditakuti adalah penyebaran infeksi ke system ini, antara lain meningitis, infeksi tulang, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan gangguan pembuluh darah otak.
Bagi penderita asma, sinusitis bisa memperberat keadaan asmanya. Sinusitis memang erat kaitannya dengan asma, dan hal ini kurang disadari oleh penderitanya. (by :dr.Aziz Andriyanto)

Informasi lebih lanjut, hubungi kami :
Klinik THT
RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta
Jl. KH.Ahmad Dahlan No.20
Telp : (0274) 512653 Hunting, Fax : (0274) 566129

Dokter Spesialis THT-KL RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta :

Prof.dr.H. Soepomo Sukardono, Sp.THT

dr.H. Adnan Abdullah, Sp.THT-KL.,M.Kes

dr.H. Makmurididn Ghofur, Sp.THT

dr. Asti Widuri, Sp.THT-KL.,M.Kes

dr. Dian Paramita Wulandari,Sp.THT-KL.,M.Sc

SELAMAT DATANG SAUDARAKU

Selamat Datang di website RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Website ini memberikan berbagai informasi mengenai RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Informasi tersebut meliputi profil, pelayanan dan fasilitas, jadwal dokter, & juga berita kegiatan dari Rumah Sakit.

Kami terletak hanya sekitar tiga menit dari Malioboro ini berkomitmen untuk menjadi rumah sakit Islam terpercaya di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

 

INFO SINGKAT

Jl.KHA.Dahlan NO.20 Ngupasan Yogyakarta , dari perempatan Kantor Pos besar Yogyakarta ke arah barat kurang lebih 100 m.
Para peserta BPJS Kesehatan Sudah Bisa dilayani di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Kelas rawat inap terdiri dari Kelas 3 ,Kelas 2 ,Kelas 1 , VIP, ICU , IMC.
Klinik dokter umum, klinik spesialis dan sub spesialis.
Fasilitas umum : ATM,Bank,Kantin.
205 tt.
design & develop

design & develop

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium.

test & deliver

test & deliver

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium.